Friday 10 February 2017

Kata Pengantar Penerjemah | Syarah Hadits Arba'in

Syarh Matan Al-Arba'ien An-Nawawiyah.

Syarah Hadits Arba'in.

Syaikh Ibnu Daqiiqil 'Ied.

Syaikh Usamah Abdul Kariem Ar-Rifa'i.

Ustadz Abu Umar Abdullah Asy-Syarif.

Kata Pengantar Penerjemah.

Segala puji bagi Allah Rabb semesta alam, kami memuji-Nya, memohon pertolongan-Nya dan memohon ampunan-Nya. Kami berlindung kepada Allah dari jahatnya jiwa kami dan dari buruknya amal-amal kami. Saya bersaksi bahwa tiada ilah yang haq kecuali Allah, tiada sekutu bagi-Nya dan bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya.

Wa ba'du, sekalipun kitab Arba'in telah banyak disyarah dan syarah Arba'in telah banyak diterjemah, namun ilmu yang terkandung di dalamnya laksana "bahrun laa saahila lahu", bagaikan laut tak bertepi. Sulit diukur kedalamannya, sukar ditebak luasnya dan tak terduga mutiara yang terkandung di dalamnya. Dengan dasar itulah kami berinisiatif untuk menterjemahkan satu di antara sekian puluh syarah hadits yang ditulis oleh para ulama senior. Agar kami dapat bersama-sama pembaca mengarungi sebagian samudranya yang luas, menyelami dasar lautannya yang dalam dan mendulang mutiaranya yang berharga.

Bukan suatu kebetulan jika kami memilih syarah yang ditulis oleh Syaikh Ibnu Daqiiq Al-'Ied untuk kami terjemah. Selain kapasitas ilmu dan kepribadian beliau yang tidak terpaut jauh dengan penulis Arba'in Imam Nawawi rahimahullah, beliau juga hidup semasa dengannya. Ditambah lagi dengan muatan kitab beliau yang tidak terlalu panjang lebar sehingga terkesan mudah juga tidak terlalu ringkas sehingga mewakili kandungan masing-masing hadits.

Kitab ini dikomentari oleh Syaikh Usamah Abdul Kariem Ar-Rifa'i, beliau menambahkan sedikit keterangan yang bermanfaat untuk mempermudah pemahaman dan mencantumkan biografi singkat nama a'immah yang tersebut dalam kitab syarah ini. Sebenarnya pula beliau memberikan syarah pada mukaddimah kitab Arba'in Imam Nawawi, mengingat Ibnu Daqiq tidak memberikan syarah terhadap mukaddimah tersebut. Namun dengan tanpa mengurangi prasangka baik bahwa syarah dari Syaikh Usamah akan banyak manfaatnya, kami tidak menterjemahkan bagian tersebut. Dengan pertimbangan bahwa syarah tersebut hanya berisi padanan kata (sinonim) dari kata-kata yang disyarah dan selebihnya adalah pembahasan i'rab dan nahwu dari masing-masing kalimat yang menurut praduga kami (wallahu a'lam) akan terkesan rumit bagi yang tidak terbiasa berkutat dengan kaidah-kaidah bahasa Arab, sedangkan bagi ikhwan dan akhwat yang telah terbiasa dengan kaidah bahasa Arab, mungkin telah mencukupkan diri dengan membaca kitabnya. Dengan kata lain kami bermaksud memberikan kesan mudah dan dapat dirasakan oleh kaum muslimin secara umum. Terlebih kami tidak mengurangi kandungan isi yang ditulis oleh Syaikh Ibnu Daqiiq Al 'Ied.

Kesalahan dan kelalaian pastilah tak luput dalam penerjemahan ini, sehingga kritik dan nasehat dari alim ulama terbuka lebar dan kami memohon perlindungan kepada Allah dari kesalahan yang kami sengaja dan kami memohon ampunan-Nya dari kealpaan yang tidak kami sengaja.

Abu Umar Abdillah Asy-Syarief.

Baca selanjutnya:

Kembali ke Daftar Isi Buku ini.

Kembali ke Daftar Buku Perpustakaan ini.

===

Maraji'/ Sumber:

Kitab: Syarh Matan Al-Arba'ien An-Nawawiyah, Pensyarah: Ibnu Daqiiqil 'Ied, Tanpa Keterangan Penerbit, Tanpa Keterangan Cetakan, Tanpa Keterangan Tahun, Judul Terjemahan: Syarah Hadits Arba'in, Penerjemah: Abu Umar Abdullah Asy-Syarif, Penerbit: At-Tibyan, Solo - Indonesia, Tanpa Keterangan Cetakan, Tanpa Keterangan Tahun.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!