Saturday 11 February 2017

Mukadimah Komentator | Syarah Hadits Arba'in

Syarh Matan Al-Arba'ien An-Nawawiyah.

Syarah Hadits Arba'in.

Syaikh Ibnu Daqiiqil 'Ied.

Syaikh Usamah Abdul Kariem Ar-Rifa'i.

Ustadz Abu Umar Abdullah Asy-Syarif.

Mukadimah Komentator.

Bismillahirrahmanirrahim.

Segala puji bagi Allah dengan segala sifat terpuji-Nya, yang telah kami ketahui di antaranya dan yang belum kami ketahui. Shalawat dan salam semoga terlimpahkan kepada sayyidul awwalin wal akhirin, penutup para Nabi dan para Rasul, begitu pula keluarga dan sahabatnya seluruhnya.

Wa ba'du, sesungguhnya di antara mukjizat Islam yang berjalan dari zaman ke zaman dan berlangsung dari hari ke hari adalah Allah menciptakan para ulama dan orang-orang yang menepati janjinya kepada Allah, yang mana mereka telah mencurahkan sesuatu yang paling berharga beserta seluruh yang mereka miliki untuk berkhidmat kepada syari'at Islam yang lapang ini. Allah telah menjadikan hati mereka dalam setiap keadaan senantiasa mendekatkan dien ini kepada ahlinya dengan segala cara. Di antaranya dengan mengajarkan ilmu, memberikan kemudahan dalam berkarya dan menulis serta amal shalih sebagai kebiasaan sehingga mereka menjadi teladan bagi umat ini sampai hari kiamat, hingga tersebarnya dien ini untuk menyeru ke jalan Allah dan mencurahkan segenap tenaga di jalan-Nya.

Di antara imam-imam yang terhitung sebagai mukjizat Islam tersebut adalah Imam An-Nawawi, semoga Allah meridhai beliau, yang mana Allah telah memilih beliau sebagai percontohan yang agung, teladan yang mulia dalam mendatangi pintu-pintu kebaikan dan membukanya. Beliau senantiasa menjadi teladan yang lekat di mata dan hati kaum muslimin yang mana mereka akan mengikutinya seiring dengan berlalunya zaman.

Sungguh Syaikh Al-Jalil yang alim dan luas ilmunya ini telah mewariskan kepada kaum muslimin setelah beliau sebuah warisan yang agung, berharga dan mulia yang tiada habis kebaikannya dan tak terukur kedalamannya. Jika anda ingin maka tanyakanlah kepada orang yang telah mendalami biografinya, yang telah mengenal para ulama, mengetahui karangan-karangan beliau dan karangan orang-orang setelahnya, yang bergelimang dengan hamparan ilmu dan lautannya, niscaya ia akan mengabarkan kepada anda bahwa dunia tidak dipersiapkan lagi untuk orang semisal beliau sejak beliau bersuka cita bertemu dengan Rabb-nya Tabaraka wa Ta'ala.

Di antara karya beliau -wahai pembaca yang budiman- adalah kitab ini, yang nampaknya kecil dan tipis namun bermuatan berat dan agung manfaat maupun faedahnya. Kitab ini, sebagaimana yang disebutkan penulisnya sendiri "masing-masing hadits merupakan kaidah yang agung di antara kaidah-kaidah dien yang disifatkan oleh para ulama sebagai sumbernya ilmu Islam..." Sungguh para ulama sepeninggal beliau membantu untuk menjelaskannya dan memaparkan kalimat-kalimatnya lantaran mereka melihat akan ketajaman wawasan penulis -semoga Allah meridhainya dalam memilih hadits-hadits tersebut dan taufik yang diberikan Allah kepada beliau dalam menyusunnya. Tidak kurang dari tujuh belas ulama agung yang menulis tentang syarah karya beliau ini dari yang ringkas hingga yang panjang lebar.

Telah saya baca buku-buku syarah tersebut dan saya mendapatkan bahwa syarah dari Ibnu Daqiq Al-'Ied adalah syarah yang tidak terlalu singkat tidak pula terlalu panjang melebar. Namun pertengahan antara keduanya, terlebih kapasitas dan kedalaman ilmu beliau terutama dalam masalah ilmu hadits Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam sangat tinggi.

Untuk itulah, saya menambahkan beberapa komentar yang bermanfaat berupa takhrij hadits yang disebutkan pensyarah yang belum ditakhrij beserta biografi singkat para ulama (rijal hadits) yang disebutkan di dalam matan hadits ataupun syarahnya, juga tafsir makna kata-kata tertentu untuk menambah faedah dari syarah yang berharga ini.

Saya memohon kepada Allah agar menjadikan amalku dibalas dengan pahala dan agar tulisan ini bermanfaat sebagaimana bermanfaatnya kitab aslinya, sesungguhnya Dia adalah sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong. Shalawat dan salam serta barakah dari Allah semoga terlimpah kepada sebaik-baik makhluk, penutup para Rasul, sayyidina Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam, keluarganya dan para sahabatnya walhamdulillah rabbil 'alamin.

Damsyiq, 12 Rabi'ul Awwal 1400 H.
19 januari 1980 Masehi.

Usamah Abdul Kariem Ar-Rifa'i.

Baca selanjutnya:

Kembali ke Daftar Isi Buku ini.

Kembali ke Daftar Buku Perpustakaan ini.

===

Maraji'/ Sumber:

Kitab: Syarh Matan Al-Arba'ien An-Nawawiyah, Pensyarah: Ibnu Daqiiqil 'Ied, Tanpa Keterangan Penerbit, Tanpa Keterangan Cetakan, Tanpa Keterangan Tahun, Judul Terjemahan: Syarah Hadits Arba'in, Penerjemah: Abu Umar Abdullah Asy-Syarif, Penerbit: At-Tibyan, Solo - Indonesia, Tanpa Keterangan Cetakan, Tanpa Keterangan Tahun.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!