Saturday 22 April 2017

Adabul Mufrad 101-105

Adabul Mufrad.

Imam Muhammad bin Ismail al-Bukhari.

Kitab Tetangga.

55. Bab Wasiat Jibril terhadap tetangga.

101. 'Aisyah ra-dhiyallaahu 'anhuma (*) berkata bahwa Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda:

"Jibril selalu berwasiat kepadaku terhadap tetangga sampai aku mengira bahwa dia akan memberinya (tetangga) warisan."

102. Syuraih al-Khuza'i (ra-dhiyallaahu 'anhu) (*) berkata bahwa Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda:

"Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaknya dia berbuat baik pada tetangganya dan barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaknya dia menghormati tamunya dan barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaknya dia berbicara yang baik atau diam."

56. Bab Hak tetangga.

103. Miqdad al-Aswad (ra-dhiyallaahu 'anhu) berkata (*), "Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam bertanya pada para Shahabatnya (ra-dhiyallaahu 'anhum) mengenai zina. Mereka semua menjawab, 'Haram. Itu diharamkan oleh Allah dan Rasul-Nya.' Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda:

'Berzinanya seseorang itu dengan sepuluh wanita lebih ringan dosanya baginya daripada dia berzina dengan seorang wanita tetangganya.'

Lalu Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam bertanya mengenai mencuri. Mereka menjawab, 'Itu haram, diharamkan oleh Allah dan Rasul-Nya.' Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda:

'Mencurinya seseorang itu sepuluh rumah lebih ringan baginya dosanya daripada dia mencuri dari satu rumah tetangganya.'"

57. Bab Memberi dimulai dari tetangga.

104. 'Abdullah bin 'Umar (ra-dhiyallaahu 'anhuma) berkata Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda:

"Jibril selalu berwasiat kepadaku terhadap tetangga sampai aku mengira bahwa dia (Jibril) akan menetapkan warisan baginya (bagi tetangga)."

105. 'Abdullah bin 'Amru (ra-dhiyallaahu 'anhu) berkata bahwa suatu kali dia pernah memotong kambing lalu berkata pada pembantunya, "Apakah sudah engkau berikan pada tetangga kita orang yahudi itu? Aku pernah mendengar bahwa Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda:

'Jibril selalu berwasiat kepadaku terhadap tetangga sampai aku mengira bahwa dia akan menetapkan warisan baginya.'"

Baca selanjutnya:

Kembali ke Daftar Isi Buku ini.

Kembali ke Daftar Buku Perpustakaan ini.

===

Maraji'/ Sumber:

Kitab: Adabul Mufrad, Penulis: Imam Muhammad bin Ismail al-Bukhari rahimahullah, Tanpa Keterangan Penerbit, Tanpa Keterangan Cetakan, Tanpa Keterangan Tahun, Judul Terjemahan: Adabul Mufrad, Penerjemah: Muhammad Khalid Abri, Penerbit: Syiar Semesta, Surabaya - Indonesia, Cetakan Pertama, Mei 2004 M.