Monday 10 April 2017

Adabul Mufrad 81-86

Adabul Mufrad.

Imam Muhammad bin Ismail al-Bukhari.

Kitab Kasih Sayang.

43. Bab: Fadhilah yang akan Kembali pada Orang yang Memberi Nafkah pada Anaknya.

81. Sama dengan hadits nomor 80.

Dha'if.

82. Miqdad bin Ma'di Karib mengatakan bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda:

"Sesuatu yang engkau berikan pada dirimu sendiri adalah sedekah bagimu, apa yang engkau berikan pada anakmu adalah sedekah bagimu dan apa yang engkau berikan pada isterimu adalah sedekah (bagimu) serta apa yang engkau berikan pada pelayanmu adalah sedekah bagimu."

44. Orang yang tidak menyukai untuk mengharapkan kematian anak-anak perempuan.

83. 'Utsman bin Harits meriwayatkan dari 'Abdullah bin 'Umar (ra-dhiyallaahu 'anhuma) bahwa ketika ada seorang bersamanya, orang itu mempunyai anak-anak perempuan lalu dia mengharapkan kematian mereka. Maka marahlah 'Abdullah bin 'Umar dan berkata, "Engkaulah yang menafkahi mereka!"

Isnadnya dha'if.

45. Anak adalah penyebab seseorang itu menjadi bakhil dana penakut.

84. 'Aisyah (ra-dhiyallaahu 'anhuma) berkata, "Abu Bakar suatu hari pernah berkata, 'Demi Allah, tidak ada di dunia ini seorang pun yang paling kucintai seperti 'Umar.' Beliau keluar kemudian kembali dan berkata, 'Bagaimana sumpahku tadi, wahai anakku?' Lalu kuberitahukanlah padanya apa yang telah diucapkannya. Beliau berkata, 'Apakah dia ('Umar) paling besar dalam pandanganku bagiku padahal anakku paling melekat dalam hatiku (paling kucintai).'"

85. Abu Nu'aim berkata, "Pernah aku melihat 'Abdullah bin 'Umar (ra-dhiyallaahu 'anhu) ketika ditanya mengenai darah kutu. Dia lalu bertanya (pada orang yang bertanya), 'Dari mana kamu?' Orang itu menjawab, 'Dari Iraq.' 'Abdullah bin 'Umar lalu berkata, 'Lihatlah orang ini bertanya kepadaku mengenai darah kutu padahal mereka telah membunuh putera Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam (Husain bin 'Ali). Aku telah mendengar Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda:

'Keduanya (Hasan dan Husain) adalah harum-harumanku di dunia.''"

46. Menggendong bayi pada pundak.

86. Al-Barra' (ra-dhiyallaahu 'anhu) berkata, "Aku melihat Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam dan Hasan berada pada pundak beliau sambil bersabda:

'Ya Allah, sesungguhnya aku mencintainya maka cintailah dia.'"

Baca selanjutnya:

Kembali ke Daftar Isi Buku ini.

Kembali ke Daftar Buku Perpustakaan ini.

===

Maraji'/ Sumber:

Kitab: Adabul Mufrad, Penulis: Imam Muhammad bin Ismail al-Bukhari rahimahullah, Tanpa Keterangan Penerbit, Tanpa Keterangan Cetakan, Tanpa Keterangan Tahun, Judul Terjemahan: Adabul Mufrad, Penerjemah: Muhammad Khalid Abri, Penerbit: Syiar Semesta, Surabaya - Indonesia, Cetakan Pertama, Mei 2004 M.