Saturday 22 April 2017

Adabul Mufrad 106-112

Adabul Mufrad.

Imam Muhammad bin Ismail al-Bukhari.

Kitab Tetangga.

57. Bab Memberi dimulai dari tetangga.

106. 'Aisyah ra-dhiyallaahu 'anhuma berkata, "Aku mendengar Rasulullah shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda:

'Jibril selalu berwasiat kepadaku terhadap tetangga sampai aku mengira bahwa dia akan menetapkan warisan baginya.'"

58. Bab Memberi hadiah pada tetangga yang paling dekat.

107. 'Aisyah (ra-dhiyallaahu 'anhuma) berkata, "Aku pernah berkata pada Rasulullah (shallallaahu 'alaihi wa sallam), '(Ya Rasulullah), aku mempunyai dua tetangga, kepada yang mana aku akan memberi hadiah?' Beliau (shallallaahu 'alaihi wa sallam) bersabda:

'Kepada yang paling dekat denganmu.'"

108. Sama (dengan hadits nomor 107).

59. Bab Yang paling dekat di antara para tetangga.

109. Al-Hasan ditanya mengenai tetangga. Dia menjawab, "40 rumah di depannya, 40 rumah di belakangnya, 40 rumah di samping kanannya dan 40 rumah di samping kirinya."

110. Abu Hurairah (ra-dhiyallaahu 'anhu) berkata, "Janganlah memulai dengan tetangga yang paling jauh sebelum tetangga yang terdekat. Mulailah dengan tetangga yang terdekat sebelum yang terjauh."

Isnadnya dha'if

60. Bab Orang yang menutup pintu dari tetangganya.

111. Ibnu 'Umar (ra-dhiyallaahu 'anhuma) berkata, "Telah datang kepada kami (para Shahabat ra-dhiyallaahu 'anhum) zaman dimana seseorang itu tidak lebih berhak terhadap dinar dan dirhamnya daripada saudaranya sesama muslim lalu sekarang dinar dan dirham lebih dicintai oleh salah seorang di antara kita daripada saudaranya sesama muslim, aku telah mendengar Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda:

'Berapa banyak tetangga yang memegangi tetangganya di hari Kiamat sambil berkata, 'Wahai Tuhanku, orang ini menutup pintunya dariku lalu dia tidak memberi.''"

61. Bab Tidak kenyang tetangganya.

112. 'Abdullah bin Zubair (ra-dhiyallaahu 'anhu) berkata, "Aku pernah mendengar Nabi shallallaahu 'alaihi wa sallam bersabda:

'Bukan orang beriman siapa yang kenyang sedang tetangganya dalam keadaan lapar.'"

Baca selanjutnya:

Kembali ke Daftar Isi Buku ini.

Kembali ke Daftar Buku Perpustakaan ini.

===

Maraji'/ Sumber:

Kitab: Adabul Mufrad, Penulis: Imam Muhammad bin Ismail al-Bukhari rahimahullah, Tanpa Keterangan Penerbit, Tanpa Keterangan Cetakan, Tanpa Keterangan Tahun, Judul Terjemahan: Adabul Mufrad, Penerjemah: Muhammad Khalid Abri, Penerbit: Syiar Semesta, Surabaya - Indonesia, Cetakan Pertama, Mei 2004 M.