Sunday 9 April 2017

Ringkasan Shahih Bukhari 61-63

Mukhtashar Shahih al-Imam al-Bukhari.

Ringkasan Shahih Bukhari.

Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani.

Kitaabul ilmi.

3. Kitab Ilmu.

24. Bab: Memberikan Fatwa Ketika Sedang Menunggang Binatang (Kendaraan) atau Lainnya

61. Dari 'Abdullah bin Amr bin al-Ash (ra-dhiyallaahu 'anhu), bahwa ketika pelaksanaan haji Wada', Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam berhenti di Mina, [beliau (Shallallaahu 'alaihi wa Sallam) berbicara pada hari Nahr di atas untanya 2/191][di jumrah 1/40] untuk orang-orang yang bertanya kepada beliau. Lalu datang kepada beliau (Shallallaahu 'alaihi wa Sallam) seorang laki-laki dan berkata, "[Wahai Rasulullah] aku lupa, sehingga aku lebih dahulu bercukur sebelum menyembelih." Beliau (Shallallaahu 'alaihi wa Sallam) bersabda, "Sembelihlah, tidak berdosa." Kemudian datang pula yang lain menanyakan, "Aku lupa, aku lebih dahulu menyembelih sebelum melempar (jumrah)." Beliau (Shallallaahu 'alaihi wa Sallam) bersabda, "Lemparlah, tidak berdosa." Apapun yang ditanyakan kepada Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam [pada hari itu 2/190] tentang sesuatu yang didahulukan dan diakhirkan, beliau (Shallallaahu 'alaihi wa Sallam) bersabda, "Lakukanlah, tidak berdosa."

25. Bab: Menjawab Fatwa dengan Isyarat Tangan atau Kepala

62. Dari Abu Hurairah (ra-dhiyallaahu 'anhu), dari Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam, beliau bersabda, "Nanti akan dilenyapkan 'ilmu agama, akan merajalela kebodohan dan kejahatan, dan akan banyak haraj." Seseorang bertanya, "Apakah haraj itu, wahai Rasulullah?" Beliau (Shallallaahu 'alaihi wa Sallam) bersabda, "Begini." Seraya mengisyaratkan dengan tangannya lalu memiringkannya, seolah-olah yang dimaksudnya adalah pembunuhan. (65)

26. Bab: Anjuran Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam kepada Utusan 'Abdul Qais untuk Menjaga Iman dan 'Ilmu, lalu Menyampaikan kepada Kaumnya

28.(66) Malik bin al-Huwairits berkata: Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda kepada kami, "Kembalilah kepada kaum kalian dan ajarilah mereka."

(Haditsnya adalah hadits Ibnu 'Abbas (ra-dhiyallaahu 'anhuma) yang telah disebutkan, yaitu hadits nomor 40).

27. Bab: Bepergian untuk Mencari Jawaban tentang Masalah yang Terjadi dan Mengajarkan kepada Keluarganya

(Haditsnya adalah hadits Uqbah bin al-Harits (ra-dhiyallaahu 'anhu) yang akan disebutkan pada kitab ke 67 bab 24).

28. Bab: Bergantian dalam Menuntut 'Ilmu

(Haditsnya adalah bagian hadits 'Umar (ra-dhiyallaahu 'anhu) yang akan disebutkan pada bab ke 46 no. 25).

29. Bab: Marah dalam Memberi Nasihat dan Mengajar Jika Melihat Sesuatu yang Dibenci

63. Dari Abu Musa (ra-dhiyallaahu 'anhu), ia berkata, "Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam pernah ditanya tentang sesuatu yang tidak disukainya, ketika [mereka 1/142] memperbanyak [pertanyaan tersebut] kepada beliau, beliau (Shallallaahu 'alaihi wa Sallam) pun marah kemudian beliau bersabda kepada orang-orang, 'Tanyakan kepadaku apa yang ingin kalian tanyakan.' Seorang laki-laki bertanya, '[Wahai Rasulullah,] siapa ayahku?' Beliau (Shallallaahu 'alaihi wa Sallam) bersabda, 'Ayahmu Hudzafah.' Orang yang lainnya berdiri dan berkata, 'Siapakah ayahku, wahai Rasulullah?' Beliau (Shallallaahu 'alaihi wa Sallam) bersabda, 'Ayahmu Salim, budaknya Syaibah.' Ketika 'Umar (ra-dhiyallaahu 'anhu) melihat [kemarahan] pada wajah Nabi (Shallallaahu 'alaihi wa Sallam), ia segera berkata, 'Wahai Rasulullah, kami bertaubat kepada Allah Sub-haanahu wa Ta'aala.'"

30. Bab: Bersimpuh di Hadapan Imam atau Muhaddits

(Haditsnya adalah bagian dari hadits Anas (ra-dhiyallaahu 'anhu), yang akan disebutkan pada kitab ke 97 bab 4).

Baca selanjutnya:

Kembali ke Daftar Isi Buku ini.

Kembali ke Daftar Buku Perpustakaan ini.

===

Catatan Kaki:

(65) Aku katakan, bahwa dalam kitab aslinya, setelah ini adalah hadits Asma' yang menyebutkan isyarat dengan kepala dalam shalat, dan akan disebutkan pada kitab ke 4 bab 38.

(66) Disebutkan secara maushul oleh pengarang pada beberapa tempat, yang akan disebutkan pada kitab ke 95 bab 1.

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: Mukhtashar Shahih al-Imam al-Bukhari, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani rahimahullaah, tanpa keterangan penerbit, tanpa keterangan cetakan, tanpa keterangan tahun, Judul Terjemahan: Ringkasan Shahih Bukhari Jilid 1, Penerjemah: Asep Saefullah FM, M.A., Drs. Kamaluddin Sa'adiyatulharamain, Editor: Abu Rania, Abu Fahmi Huaidi, Fajar Inayati, Penerbit: Pustaka Azzam, Jakarta - Indonesia, Cetakan keenam, Nopember 2013 M.