Thursday 23 March 2017

Adabul Mufrad 21-23

Adabul Mufrad.

Imam Muhammad bin Ismail al-Bukhari.

Kitab Berbakti kepada kedua orang tua.

Bab 10: Orang yang masih hidup orang tuanya tetapi tidak masuk Surga.

21. Abu Hurairah radhiyallaahu 'anhu berkata, "Nabi Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda,

'Sungguh terhina, sungguh terhina, sungguh terhina.' Para shahabat radhiyallaahu 'anhum bertanya, 'Siapa wahai Rasulullah?' Beliau Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda,

'Siapa yang mendapati kedua orang tuanya yang masih hidup, atau salah satunya, di saat sudah tua lalu dia masuk Neraka.'"

Bab 11: Siapa yang berbakti pada kedua orang tuanya Allah akan menambah umurnya.

22. Sahl bin Mu'adz dari ayahnya bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda,

"Siapa yang berbakti kepada kedua orang tuanya maka kebaikanlah baginya, Allah Ta'ala akan menambah umurnya."

* Dha'if

Bab 12: Tidak memintakan ampun bagi orang tua yang musyrik.

23. Ibnu 'Abbas radhiyallaahu 'anhuma berkata bahwa ayat 23 dari Surat al-Israa' (yang artinya):

"Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan pada keduanya "ah" dan janganlah kamu membentak keduanya dan ucapkanlah pada keduanya perkataan yang baik. Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah, 'Wahai Rabbku, kasihanilah mereka berdua, sebagaimana mereka berdua telah mengasuh aku di waktu kecil'."

dimansukhkan (13) dengan ayat 113 Surat at-Taubah (yang artinya):

"Tidak selayaknya bagi Nabi untuk meminta ampun bagi orang-orang yang musyrik, meskipun mereka itu adalah kaum kerabat, setelah tampak bagi mereka bahwa mereka adalah penghuni Neraka."

Baca selanjutnya:

Kembali ke Daftar Isi Buku ini.

Kembali ke Daftar Buku Perpustakaan ini.

===

Catatan Kaki:

(13) Mansukh artinya dihapuskan yaitu hukum yang berlaku padanya. Sebenarnya yang terjadi adalah pengkhususan dari ayat pertama. Akan halnya keharusan untuk berbakti pada keduanya, selama itu tidak bertentangan dengan peraturan Allah Ta'ala, adalah masih tetap berlaku.

===

Maraji'/ Sumber:

Kitab: Adabul Mufrad, Penulis: Imam Muhammad bin Ismail al-Bukhari rahimahullah, Tanpa Keterangan Penerbit, Tanpa Keterangan Cetakan, Tanpa Keterangan Tahun, Judul Terjemahan: Adabul Mufrad, Penerjemah: Muhammad Khalid Abri, Penerbit: Syiar Semesta, Surabaya - Indonesia, Cetakan Pertama, Mei 2004 M.