Monday 20 March 2017

Adabul Mufrad 9-12

Adabul Mufrad.

Imam Muhammad bin Ismail al-Bukhari.

Kitab Berbakti kepada kedua orang tua.

Bab 5: Ucapan yang lemah lembut kepada orang tua.

9. Urwah mengucapkan firman Allah:

"Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan."
(Qur-an Surat al-Isra': ayat 24)

Lalu berkata, "Jangan menahan dirimu dari memberi sesuatu yang diinginkannya."

Bab 6: Balas budi bagi kedua orang tua.

10. Abu Hurairah radhiyallaahu 'anhu berkata, "Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda:

'Seorang anak tidak dapat membalas budi kedua orang tuanya kecuali jika dia menemukannya dalam keadaan diperbudak, lalu dia membelinya kemudian membebaskannya'."

11. Abu Burdah melihat 'Abdullah bin 'Umar radhiyallaahu 'anhuma dan seorang dari Yaman yang sedang thawaf di sekitar Ka'bah sambil menggendong ibunya pada punggungnya orang itu lalu bersenandung:

"Aku baginya adalah bagaikan tunggangan yang hina."

Orang itu lalu bertanya, "Wahai 'Abdullah bin 'Umar, apakah sudah aku balas budinya?" 'Abdullah bin 'Umar menjawab, "Belum walaupun setarik nafas." (10) Beliau lalu thawaf dan shalat dua raka'at pada maqam Ibrahim lalu berkata, "Wahai Ibnu Abi Musa, sesungguhnya setiap dua raka'at itu menghapuskan dosa-dosa dari perbuatan yang sebelumnya."

12. Abu Murrah, budak Aqil, berkata bahwa Abu Hurairah radhiyallaahu 'anhu pernah disuruh oleh raja Marwan ibnu Hakam untuk menggantikannya di Madinah dimana dia saat itu berada di DzulHulaifah. Ibunya saat itu tidak berada dalam satu rumah dengannya. Jika dia akan keluar dia berdiri di depan pintu rumah ibunya lalu berkata, "Assalamu 'alaikum, wahai ibuku, warahmatullaahi wabarakaatuh." Ibunya menjawab, "Wa'alaika, wahai anakku, warahmatullaahi wabarakaatuh." Abu Hurairah lalu berkata, "Allah merahmatimu seperti engkau mengasuhku di waktu kecil." Ibunya menjawab, "Allah merahmatimu seperti engkau berbakti kepadaku di saat dewasa." Jika akan masuk dia juga melakukan hal yang sedemikian.

* Isnadnya dha'if.

Baca selanjutnya:

Kembali ke Daftar Isi Buku ini.

Kembali ke Daftar Buku Perpustakaan ini.

===

Catatan Kaki:

(10) Setarik nafas saat melahirkannya.

===

Maraji'/ Sumber:

Kitab: Adabul Mufrad, Penulis: Imam Muhammad bin Ismail al-Bukhari rahimahullah, Tanpa Keterangan Penerbit, Tanpa Keterangan Cetakan, Tanpa Keterangan Tahun, Judul Terjemahan: Adabul Mufrad, Penerjemah: Muhammad Khalid Abri, Penerbit: Syiar Semesta, Surabaya - Indonesia, Cetakan Pertama, Mei 2004 M.