Sunday 19 March 2017

Ringkasan Shahih Bukhari 6-9

Mukhtashor Shohih al-Imam al-Bukhori.

Ringkasan Shohih Bukhori.

Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani.

Kitaabul iimaani.

2. Kitab Iman.

2. Bab: Perkara-perkara Keimanan dan Firman ALLOH: "Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada ALLOH, Hari kemudian, Malaikat-malaikat, Kitab-kitab, Nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan sholat dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya); dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa." {Qur-an Suroh al-Baqoroh (2): 177}. "Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman." {Qur-an Suroh al-Mukminuun (23): 1}

6. Dari Abu Huroiroh RodhiyaLLOOHU 'Anhu, dari Nabi ShollaLLOOHU 'Alayhi Wa sallam, Beliau bersabda, "Iman mempunyai lebih dari enam puluh (12) cabang dan malu merupakan salah satu cabang dari iman."

3. Bab: Orang Muslim adalah Orang yang Tidak Menyakiti Orang Lain dengan Lisan dan Tangannya

7. Dari 'Abdulloh bin 'Amr RodhiyaLLOOHU 'Anhu, dari Nabi ShollaLLOOHU 'Alayhi Wa sallam, Beliau bersabda, "Seorang muslim adalah orang yang tidak menyakiti muslim yang lain dengan lisan dan tangannya. Dan seorang muhajir adalah yang meninggalkan segala yang dilarang ALLOH."

4. Bab: Bagaimanakah Islam yang Lebih Utama?

8. Dari Abu Musa RodhiyaLLOOHU 'Anhu, ia berkata: Orang-orang bertanya, "Wahai Rosululloh, bagaimanakah Islam yang lebih utama?" Beliau (shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam) menjawab, "Yaitu orang yang tidak menyakiti orang lain dengan lisan dan tangannya."

5. Bab: Memberi Makan adalah Perangai Islam

9. Dari 'Abdulloh lbnu 'Umar RodhiyaLLOOHU 'Anhuma, bahwa seorang laki-laki bertanya kepada Nabi ShollaLLOOHU 'Alayhi Wa sallam, "Bagaimanakah Islam yang lebih utama?" Beliau menjawab, "Engkau memberi makan (kepada orang-orang miskin) dan mengucapkan salam kepada orang yang engkau kenal dan orang yang tidak engkau kenal."

Baca selanjutnya:

Kembali ke Daftar Isi Buku ini.

Kembali ke Daftar Buku Perpustakaan ini.

===

Catatan Kaki:

(12) Aku katakan: Diriwayatkan oleh Muslim dan lainnya dengan lafazh "wa sab'un" (tujuh puluh). Ini yang kuat menurutku, sebagaimana juga pendapat al-Qodhi Iyadh dan lainnya seperti yang diterangkannya dalam ash-Shohihah (17).

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: Mukhtashar Shahih al-Imam al-Bukhari, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani rahimahullaah, tanpa keterangan penerbit, tanpa keterangan cetakan, tanpa keterangan tahun, Judul Terjemahan: Ringkasan Shahih Bukhari Jilid 1, Penerjemah: Asep Saefullah FM, M.A., Drs. Kamaluddin Sa'adiyatulharamain, Editor: Abu Rania, Abu Fahmi Huaidi, Fajar Inayati, Penerbit: Pustaka Azzam, Jakarta - Indonesia, Cetakan keenam, Nopember 2013 M.