Wednesday 22 March 2017

Ringkasan Shahih Bukhari 18-20

Mukhtashor Shohih al-Imam al-Bukhori.

Ringkasan Shohih Bukhori.

Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani.

Kitaabul iimaani.

2. Kitab Iman.

15. Bab: Malu adalah Sebagian dari Iman

18. Dari Salim bin 'Abdulloh, dari ayahnya, bahwa Rosululloh ShollaLLOOHU 'Alayhi Wa sallam lewat di hadapan seorang laki-laki Anshor yang sedang menasihati (dalam riwayat lain: yang sedang mencela 7/100) saudaranya karena saudaranya adalah seorang pemalu, [Laki-laki itu berkata, 'Sesungguhnya engkau ini pemalu...' hingga seolah-olah ia berkata 'Itu bisa membahayakanmu.'] Lalu Rosululloh ShollaLLOOHU 'Alayhi Wa sallam bersabda, 'Biarkan dia! Sesungguhnya malu itu sebagian dari iman'."

16. Bab: "Jika mereka bertaubat dan mendirikan sholat serta menunaikan zakat, maka berilah kebebasan kepada mereka untuk berjalan." {Qur-an Suroh at-Taubah (9): 5}

19. Dari lbnu 'Umar (RodhiyaLLOOHU 'Anhu), bahwa Rosululloh ShollaLLOOHU 'Alayhi Wa sallam bersabda, "Aku diperintahkan untuk memerangi manusia sehingga mereka bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah (dengan benar) selain ALLOH dan bahwa Muhammad adalah utusan ALLOH, dan supaya mereka mendirikan sholat dan mengeluarkan zakat. Jika mereka melakukan itu, maka mereka telah melindungi darah dan harta mereka dari {pemerangan}ku, kecuali karena haq {alasan-alasan hukum} Islam. Adapun perhitungan pahala mereka terserah kepada ALLOH." (14)

17. Bab: Orang yang Mengatakan, bahwa Iman adalah Perbuatan

Ini berdasarkan firman ALLOH Ta'ala, "Dan itulah Surga yang diwariskan kepadamu disebabkan amal-amal yang dahulu kamu kerjakan." {Qur-an Suroh az-Zukhruf (43): 72}

8.(15) Beberapa 'ulama mengatakan, bahwa firman ALLOH, "Maka demi TUHAN-mu, KAMI pasti akan menanyai mereka semua tentang apa yang telah mereka kerjakan dahulu." {Qur-an Suroh al-Hijr (15): 92-93}. Maksudnya adalah kalimat, "Laa ilaaha illaLLOOH" {Tidak ada Tuhan yang berhak disembah (dengan benar) selain ALLOH, dan ALLOH pun telah berfirman, "Untuk kemenangan serupa ini hendaklah berusaha orang-orang yang bekerja." {Qur-an Suroh ash-Shoffaat (37): 61}

20. Dari Abu Huroiroh RodhiyaLLOOHU 'Anhu, bahwa Rosululloh ShollaLLOOHU 'Alayhi Wa sallam ditanya, "Apakah 'amal (perbuatan) yang paling utama?" Beliau menjawab, "Percaya kepada ALLOH dan Rosul-NYA." Beliau ditanya lagi, "Lalu apa lagi?" Beliau menjawab, "Jihad di jalan ALLOH." Beliau ditanya lagi, "Sesudah itu apa lagi?" Beliau menjawab, "Hajji mabrur."

Baca selanjutnya:

Kembali ke Daftar Isi Buku ini.

Kembali ke Daftar Buku Perpustakaan ini.

===

Catatan Kaki:

(14) Pada bab ini adalah riwayat dari Anas (ro-dhiyaLLOOHU 'anhu), akan disebutkan pula dari 'Umar (ro-dhiyaLLOOHU 'anhu) pada kitab ke 8 bab 28 dan kitab ke 24 bab 1.

(15) Al-Hafizh berkata, "Di antara mereka adalah Anas (ro-dhiyaLLOOHU 'anhu), demikian yang diriwayatkan oleh at-Tirmidzi dan lainnya." Dalam sanadnya ada yang lemah. Di antaranya pula Ibnu 'Umar (ro-dhiyaLLOOHU 'anhuma) dalam Tafsir ath-Thobari dan dalam ad-Du'a karya at-Thobroni, Mujahid dalam Tafsir 'Abdurrozzaq dan lain-lainnya.

===

Maraji'/ sumber:

Kitab: Mukhtashar Shahih al-Imam al-Bukhari, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani rahimahullaah, tanpa keterangan penerbit, tanpa keterangan cetakan, tanpa keterangan tahun, Judul Terjemahan: Ringkasan Shahih Bukhari Jilid 1, Penerjemah: Asep Saefullah FM, M.A., Drs. Kamaluddin Sa'adiyatulharamain, Editor: Abu Rania, Abu Fahmi Huaidi, Fajar Inayati, Penerbit: Pustaka Azzam, Jakarta - Indonesia, Cetakan keenam, Nopember 2013 M.