Sunday 19 March 2017

Ringkasan Shahih Bukhari 16-17

Mukhtashor Shohih al-Imam al-Bukhori.

Ringkasan Shohih Bukhori.

Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani.

Kitaabul iimaani.

2. Kitab Iman.

11. Bab: Menghindar dari Fitnah Merupakan Bagian dari Agama.

(Aku katakan bahwa, hadits ini adalah hadits Abu Sa'I'd al-Khudri (ro-dhiyaLLOOHU 'anhu), yang insya Allah akan disebutkan pada kitab 61/ al-Manakib, bab 25).

12. Bab: 2 (13) Sabda Nabi shollaLLOOHU 'alay-hi wa sallam, "Aku adalah orang yang paling mengetahui di antara kalian tentang Allah," bahwa makrifat itu adalah perbuatan hati, berdasarkan firman Allah, "Tetapi Allah menghukum kamu disebabkan oleh sumpahmu yang disengaja untuk bersumpah oleh hatimu." {Qur-an Suroh al-Baqoroh (2): 225}

16. Dari 'Aisyah RodhiyaLLOOHU 'Anhuma, ia berkata, "Apabila Rosululloh ShollaLLOOHU 'Alayhi Wa sallam menyuruh para shohabatnya, maka Beliau akan menyuruh mereka untuk mengerjakan sesuatu yang mampu mereka kerjakan. Akan tetapi mereka pernah berkata, 'Wahai Rosululloh, kami ini tidak sepertimu ALLOH Sub-haanahu Wa Ta'aala telah mengampuni dosamu yang telah lalu dan yang akan datang.' {Mendengar ucapan itu} Rosululloh ShollaLLOOHU 'Alayhi Wa sallam marah hingga terlihat tanda kemarahan di wajahnya, lalu Beliau bersabda, "Sesungguhnya yang paling taqwa dan yang lebih mengetahui tentang ALLOH di antara kalian adalah aku'."

13. Bab: Benci untuk Kembali kepada Kekufuran seperti Benci untuk Dimasukkan ke Dalam Neraka adalah Sebagian dari Iman

(Hadits Anas (ro-dhiyaLLOOHU 'anhu) yang telah disebutkan di muka, yaitu hadits nomor 13).

14. Bab: Tingkatan Orang-orang yang Beriman dalam Perbuatan

17. Dari Abu Sa'id al-Khudri (Ro-dhiyaLLOOHU 'Anhu), ia berkata, "Rosululloh ShollaLLOOHU 'Alayhi Wa sallam bersabda, 'Ketika aku sedang tidur, aku bermimpi melihat manusia ditampakkan kepadaku. Mereka mengenakan baju-baju, dan di antaranya ada yang sebatas buah dada dan ada yang tidak [sampai 4/201] itu. Lalu ditampakkan kepadaku 'Umar bin Khoththob mengenakan baju yang diseretnya.' Para shohabat bertanya, 'Bagaimana engkau menakwilkan itu wahai RosuluLloh?' Beliau menjawab, 'Agama.'"

Baca selanjutnya:

Kembali ke Daftar Isi Buku ini.

Kembali ke Daftar Buku Perpustakaan ini.

===

Catatan Kaki:

(13) Ini adalah bagian dari hadits 'Aisyah (ro-dhiyaLLOOHU 'anhuma) yang disebutkan dalam bab ini.

===

Maraji'/ sumber:
Kitab: Mukhtashar Shahih al-Imam al-Bukhari, Penulis: Imam Muhammad Nashiruddin al-Albani rahimahullaah, tanpa keterangan penerbit, tanpa keterangan cetakan, tanpa keterangan tahun, Judul Terjemahan: Ringkasan Shahih Bukhari Jilid 1, Penerjemah: Asep Saefullah FM, M.A., Drs. Kamaluddin Sa'adiyatulharamain, Editor: Abu Rania, Abu Fahmi Huaidi, Fajar Inayati, Penerbit: Pustaka Azzam, Jakarta - Indonesia, Cetakan keenam, Nopember 2013 M.