Thursday 9 March 2017

Hadits Keduabelas | Syarah Hadits Arba'in

Syarh Matan Al-Arba'ien An-Nawawiyah.

Syarah Hadits Arba'in.

Syaikh Ibnu Daqiiqil 'Ied.

Syaikh Usamah Abdul Kariem Ar-Rifa'i.

Ustadz Abu Umar Abdullah Asy-Syarif.

12. Hadits Keduabelas.

Dari Abu Hurairah (1) radhiyallahu 'anhu berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Di antara tanda kebaikan Islam seseorang adalah dia meninggalkan apa-apa yang tidak berguna baginya." (Hadits hasan, diriwayatkan oleh At-Tirmidzi (no. 2318))

Syarah.

Telah diriwayatkan dari Abdurrahman dari Az-Zuhri dari Abu Salamah dari Abu Hurairah dan telah dishahihkan jalannya kemudian beliau berkata tentang hadits ini, ini adalah kalimat yang padat isinya, luas dan agung maknanya tersusun dalam lafadz yang singkat. Demikian pula halnya dikatakan oleh Abu Dzar (2) dalam sebuah haditsnya:

"Sesuai dengan kadar ia mengukur perkataan dengan perbuatannya, maka dia akan sedikit bicara kecuali apa-apa yang berguna baginya."

Imam Malik telah menyebutkan bahwa telah sampai kepada beliau tatkala Lukman (3) ditanya "Dengan apa anda sampai ke derajat keutamaan yang kami lihat ini?" Beliau menjawab "Dengan jujur dalam berbicara, menunaikan amanah dan meninggalkan apa-apa yang tidak berguna bagiku."

Telah diriwayatkan pula bahwa Al-Hasan berkata:

"Di antara tanda berpalingnya Allah Ta'ala dari hamba-Nya adalah Allah menjadikan kesibukannya dalam hal-hal yang tidak ada gunanya baginya."

Abu Dawud berkata, "Inti sunnah ada dalam empat hadits," beliau menyebutkan hadits ini sebagai salah satunya.

Baca selanjutnya:

Kembali ke Daftar Isi Buku ini.

Kembali ke Daftar Buku Perpustakaan ini.

===

Catatan Kaki:

1. Perawi hadits telah kami sebutkan biografinya di depan.

2. Beliau adalah Sayyidina Abu Dzar Jundub Al-Ghifari, masuk Islam awal-awal, shadiqul Islam, termasuk As Sabiquunal Awwalun, pengasih, mulia, dekat dengan Allah dan beliau adalah seorang zuhud, konsisten untuk mengatakan kebenaran dan tak seorangpun yang beliau takuti dalam menyampaikan kebenaran. Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Tak akan dijumpai lagi di kolong langit ini orang yang lebih benar ucapannya dari Abu Dzar." Beliau wafat di Rubdhah dua marhalah dari Madinah tahun 32 H, Ibnu Mas'ud ikut menyolatkannya.

3. Lukman bin Ba'ur Al-Hakim, beliau adalah seorang alim, para ulama berbeda pendapat apakah beliau Nabi atau bukan, Al-Qur'an menyebutkannya dalam beberapa tempat.

===

Maraji'/ Sumber:

Kitab: Syarh Matan Al-Arba'ien An-Nawawiyah, Pensyarah: Ibnu Daqiiqil 'Ied, Tanpa Keterangan Penerbit, Tanpa Keterangan Cetakan, Tanpa Keterangan Tahun, Judul Terjemahan: Syarah Hadits Arba'in, Penerjemah: Abu Umar Abdullah Asy-Syarif, Penerbit: At-Tibyan, Solo - Indonesia, Tanpa Keterangan Cetakan, Tanpa Keterangan Tahun.

===

Abu Sahla Ary Ambary bin Ahmad Awamy bin Muhammad Noor al-Bantani
Sent from my BlackBerry® smartphone from Sinyal Bagus XL, Nyambung Teruuusss...!